PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS X MIA DI SMA NEGERI 2 LAMONGAN

  • ALFA ROHMATIN

Abstract

Guided Inquiry adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk Mendeskrisikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Guided Inquiry berbasis laboratorium untuk melatihkan proses sains pada Alat-alat Optik, mendeskripsikan keterampilan proses sains terhadap peserta didik saat diterapkan model pembelajaran Guided Inquiry dan mengetahui respon peserta didik setelah mengikuti pembelajaran fisika materi Alat-alat Optik menggunakan model pembelajaran Giuded Inquiry  berbasis laboratorium kelas X MIA di SMAN 2 Lamongan. Cara analisis dari data yang diperoleh dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran tergolong dalam kriteria baik, keterampilan proses sains siswa menunjukkan hasil baik pada awal pertemuan dan sebagaian tergolong sangat baik untuk pertemuan kedua dari kedua kelas yang diuji dan respon siswa kelas X MIA 7 sebesar 81,54% menunjukkan kategori sangat baik, sedangkan kelas X MIA 8 hasil persentase respon siswa sebesar 81,07% menunjukkan kategori sangat baik. Sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry berbasis laboratorium memberikan hasil secara maksimal bagi siswa dalam keterampilan proses sains.

 

Kata Kunci: Guided Inquiry, keterampilan proses sains dan berbasis laboratorium.

Abstract

Guided inquiry is a the series of activities learn involving maximally all the ability school tuition to locate and investigate systematically, critical, logical , analytical, so that they unable to formulate own his finding with confidence. This research aims to described accomplishment learning activities the application of learning model guided inquiry based a laboratory for melatihkan the process of sciences to optical equipment, described skill the process of science on school tuition when applied learning model guided inquiry and he knows response school tuition after undertaking learning physics matter optical equipment use the model learning giuded inquiry based laboratory class X MIA in Senior High School 2 Lamongan. Means analysis of data collected by using the method descriptive of quantitative analysis. The results show that accomplishment learning are on the criteria good, skill the process of science students show results both at the start meeting and a classified as very good for the second of both class being tested and response students X MIA 7 value 81,54% to show very good category, While class X MIA 8 value of  response students 81,07% to show very good category. And so show that learning model guided inquiry based laboratory results from maximally for students in a skill the process of science.

 

Keywords: Guided Inquiry, Skill the process of science and laboratory based.

Published
2017-07-21
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 29