PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SESUAI KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sesuai kurikulum 2013 yang memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate). Sasaran penelitian adalah 25 siswa kelas X SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket dan pengamatan. Kevalidan menghasilkan kriteria sangat valid (pembelajaran 87% dan materi 82%). Kepraktisan keterlaksanaan menghasilkan 90% sangat praktis dengan kendala yang dihadapi adalah kurangnya waktu. Keefektifan menghasilkan sikap ilmiah dalam kriteria sangat baik dan baik (teliti 80%, bekerja sama 92%, jujur 92%, dan terbuka 76%) dan keterampilan proses dalam kreteria sangat baik dan baik (mengamati 64%, menanya 80%, menalar 76%, mencoba 92%, dan mengkomunikasikan 76%). Hasil respon siswa adalah 92% positif. Penelitian menyimpulkan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing dapat melatihkan keterampilan proses sesuai kurikulum 2013.
Kata kunci : LKS, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

