PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SESUAI KURIKULUM 2013

Authors

  • DWITA DANA PRADIPTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sesuai kurikulum 2013 yang memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate). Sasaran penelitian adalah 25 siswa kelas X SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket dan pengamatan. Kevalidan menghasilkan kriteria sangat valid (pembelajaran 87% dan materi 82%). Kepraktisan keterlaksanaan menghasilkan 90% sangat praktis dengan kendala yang dihadapi adalah kurangnya waktu. Keefektifan menghasilkan sikap ilmiah dalam kriteria sangat baik dan baik (teliti 80%, bekerja sama 92%, jujur 92%, dan terbuka 76%) dan keterampilan proses dalam kreteria sangat baik dan baik (mengamati 64%, menanya 80%, menalar 76%, mencoba 92%, dan mengkomunikasikan 76%). Hasil respon siswa adalah 92% positif. Penelitian menyimpulkan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing dapat melatihkan keterampilan proses sesuai kurikulum 2013.

 

Kata kunci : LKS, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-07-2017

How to Cite

DANA PRADIPTA, D. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SESUAI KURIKULUM 2013. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/20706
Abstract views: 41 , PDF Downloads: 162