PENGEMBANGAN TES LITERASI SAINS PADA MATERI KALOR DI SMA NEGERI 5 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes literasi sains pada materi kalor yang layak secara teoritis dan empiris. Kelayakan teoritis tes literasi sains meliputi validitas logis pada ranah materi, konstruksi, dan bahasa yang divalidasi oleh dua dosen fisika dan satu guru fisika. Kelayakan empiris ditinjau dari validitas empiris butir soal, reliabilitas tes, tingkat kesukaran butir soal, dan daya pembeda butir soal berdasarkan uji coba di lapangan. Pengembangan tes literasi sains mengacu pada model pengembangan Researc and Development (R&D). Tahap pertama yang dilakukan adalah analisis potensi dan masalah, pengumpulan data awal, desain produk, validasi secara logis, dan revisi hingga didapatkan draf final yang siap untuk diujicobakan. Tes literasi sains diujicobakan kepada 30 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Surabaya yang sudah mendapatkan materi kalor. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tes literasi sains dinyatakan layak secara teoritis berdasarkan validitas logis pada ranah materi, konstruksi dan bahasa dalam kategori sangat layak. Tes literasi sains layak secara empiris berdasarkan analisis validitas empiris butir soal, reliabilitas tes, tingkat kesukaran butir soal dan daya pembeda butir soal. Berdasarkan kriteria pada kelayakan empiris, maka sebanyak 54% dari keseluruhan soal dinyatakan layak. Dari soal yang telah layak dapat diketahui profil kemampuan literasi sains siswa yang menjadi sujek uji coba, yaitu sebanyak 27% siswa dengan kategori sangat kurang, 23% siswa dengan kategori kurang, 20% siswa dengan kategori cukup, 20% siswa dengan kategori baik, dan 10% siswa dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: tes literasi sains, kelayakan teoritis, kelayakan empiris.
Abstract
This study aims to develop a test of scientific literacy on heat chapter with theoretical and empirical feasible. The theoretical feasibility of a scientific literacy test includes logical validity in the realm of matrials, construction, and language validated two lecturers of physics and a physics theacher. Empirical feasibility in terms of the empirical validity of the item, the reliability of the test, the difficulty level of the item, and the distinguished power of the item based on field trials. Developing of scientific literacy test based on developing model of Researc and Development (R&D). The first stage is the analysis of potentials and problems, initial data collection, product design, logical validation, and revisions until a final draft is ready for trial. Scientific literacy test is tested to 30 students of MIPA 11th class in 5th Surabaya Senior High School who have received the material heat. The results show that the scientific literacy test revealed worthy theoretically based on logical validity in the realm of material, construction and language in the category of highly feasible. The scientific literacy test revealed worthy empirically based on empirical validity analysis of the item, the reliability of the test, the difficulty level of the item and the distinguished power of the item. Based on the criteria on empirical feasibility, then as much as 54% of questions declared feasible. From the question that has been feasible can know the ability of science of students who becomes sujek trial, was 27% of students with very poor category, 23% of students with less category, 20% enough students, 20% of students with good category, and 10% of students with very good category.
Keywords: scientific literacy test, theoretical feasibility, empirical feasibility.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

