PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPBA-HUKUM KEPLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM KEPLER KELAS X MIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan alat peraga hukum Kepler. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Alat peraga yang telah divalidasi kemudian diuji coba kepada peserta didik kelas X. Uji coba alat peraga dilakukan melalui proses pembelajaran menggunakan alat peraga hukum Kepler dan direplikasi sebanyak tiga kali. Berdasarkan hasil validasi alat peraga dan lembar kegiatan peserta didik didapatkan persentase validitas sebesar 84,8% dan 87,9% yang masing-masing termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil belajar peserta didik untuk ketiga kelas eksperimen berturut-turut adalah 80,30; 77,72, dan 78,45 dengan nilai gain normalisasi yaitu sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Respon peserta didik terhadap alat peraga hukum Kepler menunjukkan persentase sebesar 93,3% yang termasuk dalam kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut maka alat peraga hukum Kepler ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika.
Kata kunci: Alat Peraga, Hukum Kepler, Media Pembelajaran Fisika, Pengembangan
Abstract
The aim of this research is to describe the validity of Keplers law props. This research is developmental research which used ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). In advance, the props were been validated by two expert lecturers and a physics teacher. Then, the props were been tested through the trial test in the first grade students of senior high school and been replicated three times. It is obtained 84.8% for the props and 87.9% for the student sheets, according to the score of validity,. The percentages mean very good. Student assessment for these three experiment classes are 80.30; 77.72; 78.45 with the normalized gain score 0.59 and it is categorized as medium. The response of students toward the props is very positive according to the questionnaire. Thus, according to these results, the props of Keplers law can be used for physics instructional media.
Keywords: Props, Keplers Law, Physics Instructional Media, Development.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

