Implementasi Inquiry Labs Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Getaran Harmonis Sederhana

Authors

  • PUTRI RISKA FEBRIYANTI
  • MUKHAYYAROTIN NISWATI RODLIYATUL JAUHARIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan pembelajaran Inquiry Labs untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi untuk melihat konsistensi hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengamatan dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil keterampilan proses sains peserta didik meningkat secara signifikan antara sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran Inquiry Labs dengan rata-rata skor n-gain pada ketiga kelas, yaitu 0,913; 0,902; 0,906 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Inquiry Labs dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Kata kunci : Getaran Harmonis Sederhana, Inquiry Labs, dan Keterampilan proses sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-06-2019

How to Cite

RISKA FEBRIYANTI, P., & NISWATI RODLIYATUL JAUHARIYAH, M. (2019). Implementasi Inquiry Labs Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Getaran Harmonis Sederhana. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/28130

Issue

Section

Articles
Abstract views: 68 , PDF Downloads: 78

Most read articles by the same author(s)