Pengembangan Media E-Book Interaktif Melalui Strategi Mind Mapping pada Materi Pokok Listrik Dinamis untuk SMA Kelas X
Abstract
Telah dikembangkan media e-Book interaktif melalui strategi Mind Mapping pada materi pokok listrik dinamis untuk SMA kelas X. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (four-D Models) yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah media e-Book interaktif melalui strategi Mind Mapping pada materi pokok listrik dinamis untuk SMA kelas X yang diujicobakan secara terbatas pada 12 siswa SMA Kelas X. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, lembar validasi, lembar observasi, lembar angket respon siswa, dan lembar tes siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan informasi tentang pendapat guru fisika, dosen, dan siswa terhadap media e-Book interaktif yang dikembangkan menggunakan instrumeninstrumen di atas. E-Book yang dikembangkan dalam penelitian pengembangan dikatakan layak apabila memperoleh persentase ≥ 61%. Hasil analisis data penelitian terhadap aspek kelayakan media diperoleh persentase sebesar 89,47%, sedangkan dari aspek kelayakan materi diperoleh persentase sebesar 94,29%. Berdasarkan angket respon siswa, media e-Book interaktif melalui strategi Mind Mapping mendapatkan persentase kelayakan sebesar 88,02%. Pemahaman siswa terhadap materi dalam media e-Book interaktif melalui strategi Mind Mapping ini sangat baik dengan nilai hasil tes semua siswa mencapai ≥75. Dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan bahwa media e-Book interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

