Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Eksperimen pada Materi ‎Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP N 1 Bangsal Mojokerto

Authors

  • Norma Dewi Septina
  • Sri Mulyaningsih

Abstract

Kenyataan yang ada di SMP N 1 Bangsal Mojokerto bahwa cara mengajar guru di sekolah tersebut dengan teori dan praktikum yang belum terarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan mendeskripsikan respon siswa melalui kegiatan belajar mengajar dengan model pembelajaran STAD dengan metode eksperimen. Penelitain ini merupakan eksperimental dengan randomized control group pretest posttest design dengan empat kelas eksperimen (VIIIA, VIIIC, VIIIF) dan satu kelas kontrol (VIIIG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran STAD dengan metode eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajar STAD dengan metode demonstrasi dengan aktivitas siswa ketika pembelajaran berlangsung yang paling menonjol adalah aktivitras berdiskusi dengan anggota kelompok dan siswa memberikan respon yang baik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode eksperimen tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Septina, N. D., & Mulyaningsih, S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Eksperimen pada Materi ‎Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP N 1 Bangsal Mojokerto. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(1), 1–6. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/910

Issue

Section

Articles
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 93