Pengembangan Aplikasi Android Berbasis Mobile-Computer-Supported Collaborative Learning (mCSCL) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Literasi Sains Peserta Didik SMK

  • Veronika Reyna Pratika Universitas Negeri Surabaya
  • Supardiyono Supardiyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Mobile-computer-supported collaborative learning (mCSCL), merupakan pembelajaran yang didasarkan pada pembelajaran kooperatif atau kolaboratif (CL) menggunakan teknologi komputer nirkabel untuk memfasilitasi kolaborasi, dan diskusi dalam pembelajaran. Penggunaan teknologi komputer nirkabel dapat membantu terwujudnya tujuan pembelajaran fisika sehingga terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Perangkat seluler menawarkan portabilitas dan konektivitas sosial yang tidak dimiliki komputer desktop. Penggunaan perangkat seluler dalam pembelajaran kolaboratif memanfaatkan program komputer yang disebut dengan aplikasi seluler. Sistem operasi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi adalah sistem operasi android. Untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android berbasis mobile-computer-supported collaborative learning (mCSCL) diperlukan media yang valid atau layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas aplikasi android berbasis mobile-computer-supported collaborative learning (mCSCL) untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan literasi sains peserta didik. Validitas yang dideskripsikan meliputi validitas media, materi, bahasa, peningkatan keterampilan kolaborasi dan literasi sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (developmental research) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation) namun penelitian dibatasi hingga develop tanpa implementation dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan persentase validitas bahasa sebesar 80%, validitas materi sebesar 83%, validitas media sebesar 85%, validitas keterampilan kolaborasi sebesar 85% dan validitas literasi sains sebesar 76%. Sehingga aplikasi android  berbasis mobile-computer-supported collaborative learning (mCSCL) sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan literasi sains peserta didik SMK.

Kata kunci : validitas, aplikasi android, kolaborasi, literasi sains

 

Mobile-computer-supported collaborative learning (mCSCL), which is learning based on cooperative or collaborative learning (CL) using wireless computer technology to facilitate collaboration, and discussion in learning. Wireless computer technology can help to actualize purposes of learning physics so that there is an increase in students' knowledge and skills. Mobile devices offer portability and social connectivity that desktop computers don't have. The use of mobile devices in collaborative learning utilizes computer programs called mobile applications. The operating system used in application development is the Android operating system. To implement learning by using an Android application based on mobile-computer-supported collaborative learning (mCSCL) a valid media is needed or appropriate for use in learning. This study aims to describe the validity of mobile-computer-supported collaborative learning (mCSCL) android applications to improve students' collaboration and scientific literacy. The validity described includes the validity of the media, material, language, improvement of collaboration skills and scientific literacy. The type of research used is developmental research (developmental research) with the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation) but the research is limited to develop without implementation and evaluation. The results showed the percentage of language validity was 80%, material validity was 83%, media validity was 85%, collaboration skills validity was 85% and science literacy validity was 76%. So the android application based on mobile-computer-supported collaborative learning (mCSCL) is very valid and feasible to be used as a learning media to improve collaboration skills and scientific literacy of vocational students.

Keywords : validity, android application, collaboration, science literacy

Published
2020-08-10
Section
Media Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 178
PDF Downloads: 93