PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM SEDERHANA UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TUBAN

  • Arida Pratiwi
  • - Wasis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil konsepsi siswa pada materi fluida statis sebelum dan sesudah pembelajaran dengan praktikum sederhana, keterlaksanaan pembelajaran dengan praktikum sederhana, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan praktikum sederhana. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tuban dengan subyek penelitian kelas XI IPA-E . Data profil konsepsi awal dan profil konsepsi siswa setelah pembelajaran diperoleh dengan metode tes, keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dengan metode observasi, dan respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh melalui metode kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan: 1)Miskonsepsi yang mampu direduksi melalui pembelajaran dengan praktikum sederhana adalah jika tekanan lebih besar maka jarak pancaran air paling dekat, tekanan ditentukan oleh volume dan ketinggian kolom zat cair tanpa memperhitungkan massa jenis, volume zat cair yang dipindahkan tidak sebanding dengan gaya apungnya. 2)Keterlaksanaan pembelajaran secara umum masuk dalam kategori baik. 3)Respon siswa terhadap pembelajaran dengan praktikum sederhana termasuk dalam kategori kuat.
Kata kunci : praktikum sederhana, reduksi miskonsepsi, fluida statis.
ABSTRACK
This aim of the research was describing about student profile conception in the static fluid before and after the learning by simple experiment, effectively learning by simple experiment and student response questionnaire about learning by simple experiment. This research has been done in SMA Negeri 2 Tuban which research subject in class XI IPA-E. Data about profile conception before and after the learning gotten by diagnostic test, data about effectively learning by simple experiment gotten by observation, and data about student response gotten by questionnaire. Data analysis by quantitative descriptive. The result of research showing: 1) Misconception that can reduction by simple experiment were if the pressure more bigger the water flow more nearer, pressure determined by volume and column of fluid without counting the density, volume of fluid displaced not proportional to the buoyant force. 2) Effectively learning over all classified in good category. 3) Student response of questionnaire about learning by simple experiment classified in strong.
Key word : simple experiment, reduction misconception, static fluid.
Published
2013-11-01
Abstract Views: 223
PDF Downloads: 527