PENERAPAN SELF ASSESMENT (PENILAIAN DIRI) PADA KEGIATAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 SIDAYU

Authors

  • Himmatus Shofiyah
  • - Wasis

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25p

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Sidayu yang menerapkan self assesment (penilaian diri) pada kegiatan praktikum dengan yang tidak menerapkan dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan self assesment pada kegiatan praktikum materi perpindahan kalor. Rancan gan penelitian ini adalah Randomized Pre-test and Post-test Design dengan tiga kelas eksperimen (X-5, X-6, X-7) dan satu kelas kontrol (X-4). Analisis uji-t satu pihak pada aspek kognitif kelas eksperimen (X-5, X-6, X-7) diperoleh thitung berturut-turut sebesar 3,27; 3,41; 2,77, pada aspek psikomotor diperoleh thitung berturut-turut sebesar 3,94; 3,55; 3,58 dan pada aspek afektif diperoleh thitung berturut-turut sebesar 3,55; 2,5; 2,39 dengan ttabel sebesar 1,67. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan self assesment (penilaian diri) pada kegiatan praktikum lebih baik daripada hasil belajar siswa tanpa menerapkan self assesment (penilaian diri) pada kegiatan praktikum. Respon siswa setelah diterapkannya self assesment (penilaain diri) pada kegiatan praktikum juga sangat baik yaitu sebesar 84,3 %.
Kata Kunci : self assessment, kegiatan praktikum, hasil belajar, perpindahan kalor
ABSTRACT
The aim of the research was describing about difference result study of class X students in SMAN 1 Sidayu what apply self assesment on experiment activity with not apply it and describing the respons of student about applying self assesment on experiment activity in heat transfer. The Design of research was Randomized Pre-test and Post-test design with three experiment class (X-5, X-6), X-7) and one control class (X-4). Analysis uji-t one side in cognitive aspect of experiment class (X-5, X-6, X-7) be found tarithmetich in a series is 3,27; 3,41; 2,77, in psicomotor aspect be found tarithmetich in a series is 3,94; 3,55; 3,58 an in affective aspect be found tarithmetich in a series is 3,55; 2,5; 2,39 with ttable is 1,67. The result show that tarithmetich > ttable. The result of research show that the result study of student what applying self assessment on experiment activity better than the result study of student what not applying self assessment on experiment activity. The response of student after applied self assessment on experiment activity is very good is 84, 3 %.
Key Word : self assessment, experiment activity, result study, heat transfer

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-11-01
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 216