PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI PRINSIP DESAIN PESAN VISUAL MATA KULIAH DESAIN PESAN S1 DEPARTEMEN TEKNOLOGI PENDIDIKANUNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Andrian Ananta Ashari Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • khusnul khotimah khotimah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian pembuatan Video Pembelajaran Motion Graphic untuk mendorong hasil belajar mahasiswa pada
Materi Atensi mata kuliah Desain Pesan program Sarjana Departemen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri
Surabaya.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki 5
tahapandiantaranya Tahap Analisis (Analyze), Tahap Desain (Design), Tahap Pengembangan (Development), Tahap
Implementasi (Implementation), Tahap Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
kuesioner (angket), wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan
Uji Normalitas dan teknik analisis data tes menggunakan uji-t paired sample test. Desain penelitian ini menggunakan
one group design pretest-posttest dengan sasaran penelitian yaitu peserta Mahasiswa Kelas 2022 C Program Studi
Departemen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Hasil coba kelayakan media video kepada ahli materi dapat dikategorikan baik dengan presentase sebesar 80%,
dan ahli media dapat dikategorikan baik dengan presentasi 83%. Kemudian berdasarkan perhitungan uji-t dengan
rincian Berdasarkan uji t diketahui nilai sig. (2-tailed) 0,00 dengan taraf signifikasi 95%. Oleh karena itu, nilai sig.(2-
tailed) 0,00 < 0,05. berdasarkan grafik hasil perhitungan rerata nilai pre-test dan post-test kelompok eksperimen
tampak lebih tinggi hasil yang diperoleh setelah mahasiswa diberi treatment berupa media video motion graphic.
Kemudian, berdasarkan hasil perhitungan uji t dengan dasar pengambilan keputusan tolak Ho apabila sig. (2-tailed) ≤
0,05. Hasil data uji-t diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak,
maka terdapat pengaruh dari media pembelajaran yang digunakan terhadap hasil belajar mahasiswa Departemen
Teknologi Pendidikan.Merujuk dari keseluruhan hasil pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media
video motion graphic pada mata kuliah desai pesan untuk mahasiswa Departemen Teknologi Pendidikan Unesa
dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Media, Desain Pesan, Media Video.

Published
2024-01-17
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 15