EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SESUAI KEBUTUHAN DUNIA KERJA PADA JURUSAN MULTIMEDIA SMKN 1 JOMBANG

  • Tinezia cendani Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Rusijono Rusijono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi ketercapaian tujuan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) jurusan multimedia di SMKN 1 Jombang dan dampaknya terhadap peningkatan kompetensi keahlian multimedia peserta didik sesuai dengan apa yang dibutuhkan dunia kerja. Model evaluasi yang digunakan adalah formatif sumatif, dengan subjek penelitian ketua kelompok kerja PKL SMKN 1 Jombang, guru pembimbing, instruktur DU/DI, serta peserta didik. Variabel yang dievaluasi adalah keterlaksanaan program PKL dan kompetensi keahlian multimedia peserta didik. Data keterlaksanaan program PKL dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan angket. Wawancara dilakukan terhadap ketua pokja PKL, sedangkan angket diberikan pada guru pembimbing, instruktur DU/DI dan peserta didik. Data kompetensi keahlian multimedia dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil analisis deskriptif adalah perencanaan program PKL telah dilakukan sesuai dengan buku pedoman pelaksanaan PKL, didasarkan pada hasil wawancara dengan ketua pokja PKL. Hasil persentase keterlaksanaan PKL dari aspek keterlibatan guru pembimbing adalah 93.4% dan instruktur DU/DI 95.39% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik. Hasil angket keterlaksanaan PKL dari aspek peserta didik sebesar 92.5% juga termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik. Disimpulkan bahwa program PKL jurusan multimedia di SMKN 1 Jombang terlaksana dengan sangat baik. Hasil analisis uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0.001. Nilai Asymp.Sig. (2-tailed) tersebut nilainya lebih kecil dari < 0,05 artinya terdapat pengaruh antara program PKL dengan kompetensi peserta didik. Disimpulkan bahwa kegiatan PKL mampu meningkatkan kompetensi keahlian multimedia peserta didik jurusan multimedia di SMKN 1 Jombang.

Published
2024-01-17
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 8