PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM REPRODUKSI SAPI MATA PELAJARAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA KELAS XI SMK PP PADANG MENGATAS

  • Nadhira Mazaya Putri Mazaya Putri Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Lamijan Hadi Susarno Hadi Susarno Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Abstrak
Penelitian ini menghadirkan sebuah E-modul flipbook yang inovatif, menggunakan teknologi Augmented Reality
(AR) sebagai platform pembelajaran. Dengan menggabungkan elemen visual dan interaktif, E-modul ini dirancang untuk
meningkatkan pengalaman pembelajaran digital. Penelitian dimulai dengan analisis kebutuhan dan karakteristik audiens
potensial. Kemudian, dilakukan desain E-modul flipbook yang memanfaatkan teknologi AR untuk memberikan
pengalaman belajar yang lebih dinamis. Proses pengembangan melibatkan integrasi konten pembelajaran dengan elemenelemen AR yang relevan. Model pengembangan yang digunakan berupa ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, Evaluation) yang mana penelitian ini menunjukkan validasi ahli media mecapai persentase 94% dan ahli
materi 95% presentase yang diperoleh dari ahli termasuk kategori “sangat baik” yang mana media layak untuk digunakan
dalam proses pembelajaran. Adapun uji coba lapangan dengan total keseluruhan melibatkan 60 orang peserta didik baik
dari kelompok kecil maupun kelompok besar. Dari hasil penelitian, menunjukkan adanya keefektifan dari media dengan
setelah melalui uji eksperimental desain yang mana menggunakan one group pre-test posttest. Didapatkan hasil bahwa
pada uji coba kelompok kecil dengan nilai persentase 74% yang mana termasuk pada kategori “cukup efektif” dan
selanjutnya dilakukan uji coba pada kelompok besar dengan mendapatkan persentase nilai 82% dengan kategori
“Efektif”. Dengan demikian, E-modul flipbook berbasis AR terbukti menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dengan menyajikan konten secara lebih dinamis dan interaktif.
Kata Kunci: Pengembangan, Augmented Reality, ADDIE

Published
2024-01-17
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 5