Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Storyboard Pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif Kelas XII SMK Ketintang

  • Juliyah Izzahtud Diyanah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Fajar Arianto Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif materi storyboard pada mata pelajaran desain media interaktif kelas XII SMK Ketintang. Berdasarkan hasil wawancara, guru hanya menggunakan media cetak dalam proses pembelajaran. Selain itu, pemanfaatan media yang digunakan di kelas didemonstrasikan oleh guru. Sehingga diperlukan media interaktif sebagai penunjang kegiatan belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif menggunakan model Lee & Owens dengan 5 tahapan pengembangan meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes kinerja. Media pembelajaran divalidasi oleh ahli sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t. Desain penelitian yang digunakan yakni post test only control group design dengan sasaran kelas XII SMK Ketintang Surabaya yang berjumlah 36 peserta didik. Hasil validasi media, para ahli memberikan penilaian maksimal dengan presentase 100%. Kemudian hasil uji coba pengguna menunjukkan 8 dari 10 peserta didik merasa media yang dikembangkan mudah digunakan dan membantu dalam memahami konsep materi yang sulit. Sementara itu hasil perhitungan uji-t yang diperoleh menunjukkan bahwa thitung 2.564 > ttabel 1.994, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk mata pelajaran desain media interaktif materi storyboard kelas XII di SMK Ketintang.
Kata Kunci: multimedia interaktif, storyboard, model pengembangan Lee & Owens, post test only control group design

Published
2024-01-17
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 3