PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI HASIL KALI KELARUTAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA FARMASI KELAS XI – FARMASI SMK MADANIA

  • dwi Putri Ratnasari Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Lamijan Hadi Susarno Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

lamijansusarno@unesa.ac.id
Abstrak
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah 1) mengetahui kelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan di SMK
Madania 2) mengetahui penggunaan multimedia interaktif yang dikembangkan di SMK Madania 3) mengetahui apakah
multimedia interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI- Farmasi di SMK Madania.
Pengembangan ini mengacu pada model Lee & Owens, memiliki beberapa tahapan antara lain Assessment/ analysis yang
terbagi menjadi dua bagian yakni Needs Assessment dan Front- end analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Metode uji kelayakan menggunakan angket yang melibatkan ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli
media, peserta didik sebagai subjek uji coba perseorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Untuk mengetahui
penggunaan media menggunakan metode observasi yang dilakukan oleh 2 (dua) observer. Teknik untuk mengetahui
apakah multimedia interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan uji– t.
Hasil kelayakan oleh ahli materi adalah sebesar 97,5%, uji kelayakan desain pembelajaran adalah 97,5%, uji kelayakan
ahli media, dan bahan penyerta berturut-turut sebesar 97,037% dan 98,33%. Serta didukung uji coba peserta didik
perorangan bernilai 98,09%, kelompok kecil bernilai 97,71%, dan uji coba kelompok besar bernilai 92,34% secara
keseluruhan masuk kategori “sangat layak” menunjukkan bahwa media layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Hasil data penggunaan media yakni mendapat persentase 90% menunjukkan bahwa media “sangat praktis” digunakan
dalam proses pembelajaran. Serta hasil belajar didapatkan 𝑡􀯛􀯜􀯧 lebih besar dari 𝑡􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 yaitu 2,328 > 2,000995. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar
materi hasil kali kelarutan kelas XI- Farmasi di SMK Madania.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Hasil Kali Kelarutan, Hasil Belajar

Published
2024-01-17
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 5