PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS WALLCHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA S1 DEPARTEMEN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

  • Silvi Wisda Wardani Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • khusnul khotimah khotimah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Berdasarkan permasalahan peserta didik yang membutuhkan media sebagai sarana belajar
yang fleksibel dan efisien , maka solusi penulis adalah mengembangkan media video
pembelajaran pada materi pengembangan media grafis wallchart. Media video pembelajaran
dalam penggunaannya dapat di akses melalui komputer, laptop, maupun smartphone. Keunggulan
video pembelajaran dari buku cetak adalah berisi tentang konten yang didukung dengan adanya
teks, gambar, animasi dan audio untuk memberikan pengalaman belajar langsung kepada peserta
didik. Video pembelajaran dapat dijadikan sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
efektif dan hasil belajar yang sesuai.
Pengembangan media video pembelajaran bertujuan untuk diketahui kelayakannya saat di
terapkan pada materi pengembangan media grafis wallchart di Departemen Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya. Selain itu, pengembangan ini juga bertujuan mengetahui keefektifan
media video pembelajaran pada materi pengembangan media grafis wallchart untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model
ADDIE, dengan subjek uji coba mahasiswa angkatan 2022 Departemen Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket
kelayakan materi,kelayakan media dan kelayakan desain pembelajaran. Selain itu, instrumen tes
digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif
Penelitian ini juga menggunakan data jenis kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dengan
cara mengolah hasil uji kelayakan skala likert. Dengan hasil yang diperoleh untuk uji kelayakan
materi untuk uji kelayakan materi podcast (93%) menunjukkan kategori Sangat baik. Uji
kelayakan media video pembelajaran (90%) menunjukkan kategori sangat layak, dan uji
kelayakan desain pembelajaran (88%) menunjukkan hasil baik. Dari hasil yang didapatkan, maka
kesimpulan penelitian menunjukan media video pembelajaran materi pengembangan media grafis
wallchart layak diterapkan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Pengembangan, video pembelajaran, hasil belajar

Published
2024-01-17
Abstract Views: 1
PDF Downloads: 1