Pengembangan Multimedia Interaktif Augmented Reality (Ar) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Vlog Mata Pelajaran Informatika Siswa Kelas IX Di SMPN 51 Surabaya

Authors

  • Rendy Andama Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Rusijono Rusijono Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan peserta didik, khususnya pada materi vlog mata pelajaran Informatika kelas IX di SMPN 51 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SMPN 51 Surabaya dengan subjek penelitian siswa kelas IX, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi angket validasi dari ahli materi, media, dan desain pembelajaran, tes pre-test dan post-test, serta penilaian praktik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi, soal tes, dan lembar penilaian praktik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif AR yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan skor validasi ahli materi sebesar 85,3%, ahli media 86%, ahli desain 100%, serta hasil uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar masing-masing sebesar 92,7%, 92,3%, dan 87,3%. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai pre-test tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, menandakan kemampuan awal yang setara. Namun, terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai post-test, praktik, serta gabungan post-test dan praktik (nilai signifikansi < 0,05), yang menunjukkan efektivitas penggunaan media AR. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis AR layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi vlog. Disarankan agar pengembangan multimedia ini diperluas pada materi lain guna memperluas manfaatnya dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Augmented Reality (AR), Vlog, ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Andama, R., & Rusijono, R. (2025). Pengembangan Multimedia Interaktif Augmented Reality (Ar) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Vlog Mata Pelajaran Informatika Siswa Kelas IX Di SMPN 51 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(8). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/67468
Abstract views: 42 , PDF Downloads: 42