Pengembangan Media Realia Sistem Tata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Bendul Merisi 408 Surabaya
Abstract
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media realia materi sistem tata surya pada mata pelajaran IPA kelas VI di SDN Bendul Merisi 408 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research & Development menggunakan model Lee & Owens dengan 5 tahapan pengembangan meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket (angket) dan tes. Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan skala Likert dan teknik analisis data hasil belajar peserta didik menggunakan uji-t non parametrik. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas VI di SDN Bendul Merisi 408 Surabaya yang berjumlah 32 peserta didik. Berdasarkan validasi materi diperoleh hasil sebesar 92% dan validasi media sebesar 80%. Kemudian hasil uji coba pengguna pada perorangan diperoleh hasil sebesar 83%, pada kelompok kecil sebesar 83% dan pada kelompok besar sebesar 85%. Sementara itu hasil perhitungan uji t non parametrik menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0.000 lebih kecil dari 0.005 yang artinya Ha diterima. Kemudian berdasarkan perhitungan Normalized Gain Score diperoleh rerata nilai desimal sebesar 0,56 dan presentasenya sebesar 56% yang masuk kategori Cukup Efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media realia sistem tata surya layak dan efektif digunakan untuk mata pelajaran IPA materi sistem tata surya kelas VI di SDN Bendul Merisi 408 Surabaya.
Kata Kunci: Media Realia, Sistem Tata Surya, Model Pengembangan Lee & Owens
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

