Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Seni Rupa Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Manukan Kulon VI Surabaya

Authors

  • Gading Putri Rahmalia Agustin Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Citra Fitri Kholidya Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kreativitas peserta didik dalam pembelajaran seni rupa di kelas IV SDN Manukan Kulon VI Surabaya. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang variatif dan belum mampu mendorong siswa untuk berpikir kreatif serta menghasilkan karya seni yang orisinal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan kreativitas peserta didik dalam materi seni rupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design) tipe Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas IV, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, dengan jumlah total 22 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kreativitas dan dianalisis menggunakan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor kreativitas siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL efektif dalam meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran seni rupa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif terhadap peningkatan kreativitas peserta didik dalam materi seni rupa di kelas IV SDN Manukan Kulon VI Surabaya.
Kata Kunci: Project Based Learning, Kreativitas, Seni Rupa, Siswa Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-22 — Updated on 2025-05-22

Versions

How to Cite

Rahmalia Agustin , G. P., & Fitri Kholidya, C. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Seni Rupa Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Manukan Kulon VI Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(8). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/67553
Abstract views: 44