Evaluasi Implementasi Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan pada Fase D di SMPN 53 Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengevaluasi implementasi modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema Gaya Hidup Berkelanjutan pada Fase D di SMPN 53 Surabaya. Menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), penelitian ini menilai kesesuaian modul dengan panduan Kemendikbudristek serta pelaksanaannya di lapangan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi terhadap guru fasilitator dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul P5 tema Gaya Hidup Berkelanjutan milik SMPN 53 Surabaya telah sesuai dengan panduan resmi Kemendikbudristek dan tergolong dalam kategori mahir karena dirancang secara mandiri. Implementasi modul di kelas VII B telah berlangsung hingga akhir. Terdapat 40% aktivitas yang dilaksanakan sesuai dengan tahap pelaksanaan dalam modul. Dan terdapat 60% aktivitas yang tidak dilaksanakan sesuai dengan tahap pelaksanaan dalam modul. Hal itu disebabkan karena fasilitator memodifiksi aktivitas sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi dari hasil angket refleksi siswa, hal tersebut tidak berpengaruh dalam pemahaman dan pengimplementasian peserta didik dari modul tema Gaya Hidup Berkelanjutan.
Kata Kunci: Evaluasi, Modul P5, Profil Pelajar Pancasila, Gaya Hidup Berkelanjutan, Model CIPP
Downloads
Published
Versions
- 2025-05-22 (2)
- 2025-05-22 (1)
Issue
Section
