Pengembangan Multimedia Pembelajaran 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah SMPN 6 Surabaya
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Multimedia 3 Dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa untuk disajikan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan alam dan mengetahui keefektifan Multimedia 3 dimensi dalam proses pembelajaran. Data kelayakan Multimedia 3 Dimensi diperoleh dari hasil instrumen validasi ahli materi, ahli media, dan pengguna Multimedia 3 Dimensi. Data keefektifan diperoleh dari hasil nilai pre-test dan post-test yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas butir soal sehingga mendapatkan butir soal yang valid dan reliabel. Hasil Post Test dan Pre Test degunakan dalam mengetahui keefektifan melalui analisis data uji t.
Jenis data Kuantitatif analisis data yang digunakan untuk memproses hasil post Test dan Pre Test kelayakan menggunakan skala likert. Uji kelayakan materi didapatkan 95,7 % yang termasuk dalam kategori sangat layak , uji kelayakan media mendapatkan hasil 97% menujukkan kategori sangat layak , uji kelayakan oleh oleh pengguna mendapatkan hasil 92% yang menunjukkan kategori sangat layak . Keefektifan Multimedia 3 dimensi diperoleh dari uji nilai Gain sebesar 0,95 atau 95% yang masuk dalam kategori tinggi atau efektif. Kesimpulan dari hasil yang didapatkan, penelitian ini menunjukkan hasil Multimedia 3 Dimensi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri 6 Surabaya.
Kata Kunci: Multimedia 3 Dimensi , Ilmu Pengetahuan Alam , Pengembangan , Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

