Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dampak Jajahan Negara Kolonial Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS SMAN 12 Surabaya
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media yang memiliki kelayakan dan keefektifan video pembelajaran pada materi dampak jajahan negara kolonial mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 12 Surabaya .Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup angket dan tes. Analisis data dari angket kelayakan media dilakukan dengan menggunakan skala Likert, sedangkan hasil tes dianalisis menggunakan uji-t paired sample test. Desain penelitian yang diterapkan adalah pretest-posttest two group design, dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas XI IPS SMAN 12 Surabaya. Penelitian ini memiliki uji validasi dari ahli materi sebesar 90,90%,pada uji validasi ahli media sebesar 91%, uji validasi ahli desain pembelajaran 98%, sedangkan hasil uji coba perorangan sebesar 96%, uji coba kelompok kecil 99%, uji coba kelompok besar 91,5%. Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam kategori sangat baik karena berada pada rentang nilai 86%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan video pembelajaran Dampak Jajahan Negara Kolonial layak digunakan dalam pembelajaran. kemudian hasil analisis data pretest-posttest memperoleh nilai sig.(2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 dan nilai t hitung sebesar 7.432 > 1.688, setelah itu penghitungan rata-rata tes dengan diperoleh nilai rerata posttest dan pretest yaitu 70,17 > 61,28. Kesimpulan yang dapat diambil adalah video pembelajaran pada materi dampak jajahan negara kolonial layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas XI IPS SMAN 12 Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Dampak Jajahan Negara Kolonial,
Sejarah Indonesia, ADDIE
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

