Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas X APL Analisis Pengujian Laboratorium Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di SMK Negeri 1 Driyorejo

Authors

  • Armi Maskuriati Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Bactiar Syaiful Bachri Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan media pembelajaran berperan sebagai penghubung antara guru dan siswa untuk
mempermudah mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Penelitian ini berfokus pada pengembangan multimedia
interaktif sebagai salah satu bentuk media pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah
untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan digunakan pada materi makhluk hidup dan lingkungannya mata
pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas X di SMK Negeri 1 Driyorejo dan untuk menghasilkan
multimedia interaktif yang efektif meningkatkan hasil belajar materi makhluk hidup dan lingkngannya pada
mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas X di SMK Negeri 1 Driyorejo. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kuantitatif, model yang digunakan adalah model pengembangan DDD-E
(Decide, Design, Develop, Evaluate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik data
observasi, angket dan tes. Observasi bertujuan untuk menilai pemanfaatan multimedia yang dikembangkan.
Angket digunakan untuk mengetahui kelayakan multimedia yang dikembangkan, tes bertujuan untuk
mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data pengembangan multimedia interaktif pada materi
makhluk hidup dan lingkungannya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas X di SMK Negeri
1 Driyorejo. Berdasarkan validasi materi diperoleh 92% layak dan validasi media dengan presentase 92%
layak dan validasi ahli desain pembelajaran dengan presentase 93% layak. Adapun hasil uji normalitas yang
dapat disimpulkan bahwa nilai pre-test kelas eksperimen 0,098 dan post-test kelas eksperimen 0,314. Hasil
belajar yang berbeda antara kelas eksperimen yang menggunakan game multimedia interaktif dan kelas
kontrol yang tidak. Ini menunjukkan bahwa penggunaan game multimedia interaktif adalah strategi
pembelajaran yang efektif. Merujuk pada keseluruhan pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan game multimedia interaktif efektif digunakan pada mata pelajaran IPAS pokok bahasan makhluk
hidup dan lingkungannya untuk kelas X di SMK Negeri 1 Driyorejo.
Kata Kunci: game edukasi, multimedia interaktif, hasil belajar, DDD-E, IPAS

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-26

How to Cite

Maskuriati, A., & Syaiful Bachri, B. (2025). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas X APL Analisis Pengujian Laboratorium Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di SMK Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(8). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/67742
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 0