Pengembangan Modul Hyperbook Makhorijul Huruf Dalam Meningkatkan Bacaan Pada Materi Tajwid Mata Pelajaran Pai Untuk Peserta Didik Kelas III Sdn Lidah Kulon 1 Surabaya

Authors

  • Dina Zahiratun Nura Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Fajar Arianto Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Hyperbook Makhorijul Huruf sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Tajwid untuk peserta didik kelas III SD. Modul dirancang guna meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah sesuai makhraj yang benar melalui bahan ajar interaktif yang mendukung pembelajaran mandiri. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluate. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket validasi dari ahli materi, media, dan desain pembelajaran, serta tes pretest dan posttest kepada siswa. Hasil validasi menunjukkan persentase kelayakan sangat tinggi: 95% oleh ahli media, 90% oleh ahli desain pembelajaran, dan 92% oleh ahli materi. Uji-t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan modul. Temuan ini mengindikasikan bahwa Modul Hyperbook Makhorijul Huruf tergolong layak dan efektif sebagai media pembelajaran tajwid di tingkat sekolah dasar.
Kata kunci: Hyperbook, Makhorijul Huruf, Tajwid, ADDIE, Pendidikan Agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Nura, D. Z., & Arianto, F. (2025). Pengembangan Modul Hyperbook Makhorijul Huruf Dalam Meningkatkan Bacaan Pada Materi Tajwid Mata Pelajaran Pai Untuk Peserta Didik Kelas III Sdn Lidah Kulon 1 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(8). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/67794
Abstract views: 34 , PDF Downloads: 29