PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK MATERI GOOGLE COLABORATORY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DKV SMKN 4 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul interaktif berbasis flipbook dengan materi Google Colaboratory pada mata pelajaran Informatika. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X DKV SMKN 4 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Data dari angket kelayakan media dianalisis menggunakan skala Likert, sedangkan data tes dianalisis menggunakan uji-t untuk sampel independen. Penelitian ini melibatkan 62 peserta didik yang menjadi target dari kelas X DKV 2. Hasil validasi oleh ahli materi sebesar 94%, ahli media sebesar 89%, dan ahli desain pembelajaran sebesar 96%. Uji coba produk menunjukkan hasil yang positif, yaitu uji perorangan sebesar 86,6%, uji kelompok kecil sebesar 87,4%, dan uji kelompok besar sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut, e-modul dinyatakan layak digunakan. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan e-modul. Rata-rata skor pre-test kelas eksperimen adalah 53,33 dan post-test sebesar 83,33, menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, e-modul interaktif berbasis flipbook materi Google Colaboratory dinyatakan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran Informatika di kelas X DKV SMKN 4 Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, ADDIE, Flipbook Interaktif
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-05-28 (2)
- 2025-05-27 (1)
How to Cite
Issue
Section

