PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF MATERI TOOLS PHOTOSHOP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER GRAFIS KELAS X DKV DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

Authors

  • Yuhan Fitriana Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Alim Sumarno Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media video interaktif pada materi tools Photoshop dalam mata pelajaran Komputer Grafis bagi siswa kelas X DKV di SMK Negeri 4 Surabaya. Metode yang digunakan adalah model ADDIE dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan tes. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis menggunakan skala Likert. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, serta melalui penilaian siswa. Efektivitas diuji menggunakan metode pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan eksperimen melalui analisis uji-t. Hasil validasi menunjukkan kelayakan media sebesar 94% dari ahli materi, 98% dari ahli desain, 92% dari ahli media, dan hasil uji coba pada siswa memperoleh skor 87,33% (perorangan), 87,8% (kelompok kecil), dan 88% (kelompok besar), yang seluruhnya menunjukkan masuk kategori “sangat baik” (86%–100%). Analisis post-test menunjukkan signifikansi 0,000 ≤ 0,05, dan rata-rata nilai kelas eksperimen (84,85) lebih tinggi dari kelas kontrol (63,68). Dengan demikian, media video interaktif ini dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pengembangan; Video Interaktif; Tools Photoshop

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-28 — Updated on 2025-05-28

Versions

How to Cite

Fitriana, Y., & Sumarno, A. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF MATERI TOOLS PHOTOSHOP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER GRAFIS KELAS X DKV DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(8). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/67876
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 41