EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 12 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan di SMA Negeri 12 Surabaya dengan pendekatan deskriptif-kualitatif menggunakan model evaluasi CIPP. Data diperoleh dari sumber primer (waka kurikulum, koordinator P5, fasilitator, dan peserta didik kelas X) serta sumber sekunder (modul, jurnal, visi misi, dan dokumen pendukung lainnya), dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa implementasi P5 berjalan cukup baik tujuan dan perencanaan program telah sesuai dengan lima dimensi Profil Pelajar Pancasila dan berdampak positif terhadap siswa. Aspek Context menunjukkan bahwa program telah selaras dengan kebutuhan dan visi misi sekolah. Pada aspek Input, modul, sarana, dan kesiapan siswa sudah memadai, meskipun masih diperlukan perbaikan pada konten materi. Dari aspek Process, kegiatan berjalan efektif namun menghadapi hambatan seperti kurangnya partisipasi siswa dan keterbatasan pemahaman guru. Sementara aspek Product menunjukkan bahwa program berhasil meningkatkan pemahaman, keterampilan kewirausahaan, serta karakter mandiri dan kreatif siswa.
Kata Kunci: P5, Kewirausahaan, Evaluasi CIPP.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

