Pengembangan Video Interaktif Materi Menggali Ide Pendiri Bangsa Tentang Dasar Negara Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Driyorejo
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media video interaktif yang layak digunakan dalam pembelajaran pada Pendidikan Pancasila materi Menggali Ide Pendiri Bangsa tentang Dasar Negara guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DKV di SMK Negeri 1 Driyorejo. Video interaktif menjadi inovasi media untuk mengatasi kesenjangan pembelajaran, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil uji kelayakan pada penelitian video interaktif pada uji coba ahli materi mendapatkan persentase sebesar 84% termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli desain pembelajaran mendapat persentase sebesar 87%termasuk kategori sangat baik. Ahli media mendapat persentase sebesar 94% termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli bahan penyerta sebesar 93% termasuk kategori sangat baik. Uji coba perorangan dengan persentase 92% termasuk kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan persentase 88% termasuk kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar dengan persentase 82% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil tes dengan menggunakan uji t menunjukkan signifikansi 0,026 < 0,05 sehingga nilai pretest dan post test dapat menghasilkan perbedaan yang signifikan pada peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dengan media pembelajaran yang dikembangkan tersebut. Sehingga pada penelitian ini, disimpulkan bahwasannya media video interaktif dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Video Interaktif, Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar
Abstract
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-05-28 (2)
- 2025-05-28 (1)
How to Cite
Issue
Section

