PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PRISMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM MATA PELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS V SDN LIDAH KULON 1 SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakn dan keefektifan Media Puzzle Prisma materi Ekosistem kelas V SDN Lidah Kulon 1 Surabaya. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Reaasearch and Development dengan model ADDIE dengan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Kelayakan media angket dianalisis dengan skala likert dari hasil uji validasi ahli, dan keefektifan dianalisis dengan uji-t. Desain penelitian menggunakan Two group pretest-posttest design. Berdasarkan validasi materi diperoleh hasil 100% dan validasi media 95,27%. Kemudian hasil uji coba perorangan 95%, uji coba kelompok kecil 92%, dan uji coba kelompok besar 89%. Dari Uji T didapatkan hasil sig 0,000<0,05 yang artinya hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dimana rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 84 sedangkan kelas kontrol sebesar 68, maka terdapat perbedaan hasil kognitif antara kedua kelas tersebut adalah 16 angka. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan Media Prisam Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar materi ekosistem mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V SDN Lidah Kulon 1 Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Hasil belajar, Puzzle, IPA
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

