PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 NGRONGGOT
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul yang layak dan efektif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi masuknya islam di Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Ngronggot. Pengembangan media ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan subjek penelitian yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan VII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan sangat layak digunakan, dengan hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran sebesar 100%, ahli materi sebesar 100%, dan ahli media sebesar 96%. Selain itu, hasil analisis efektivitas dengan uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga kesimpulan dari hasil penelitian ini, e-modul yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi masuknya islam di Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Ngronggot.
Kata Kunci: Pengembangan; E-Modul; Masuknya Islam di Indonesia; Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

