Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Dasar Desain Grafis Kelas XI DKV SMK Negeri 1 Lamongan
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia
interaktif berbasis gamifikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DKV di SMK 1 Lamongan. Model
pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup wawancara, angket, dan tes. Uji kelayakan
menunjukkan hasil “layak” dari ahli materi dan “sangat layak” dari ahli media. Pengujian efektivitas menunjukkan
perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media gamifikasi pada kelas
eksperimen dengan kelas kontrol yang menggunakan media biasa. Pada uji t yang telah dilakukan,hasil untuk pretest
kelas eksperimen memperoleh 59,25 dan kelas kontrol 52,50. Sedangkan untuk hasil post-test kelas
eksperimen memperoleh 77,50 dan kelas kontrol 60,75. Hasil sig. 2-tailed untuk post-test diperoleh 0,000. Hasil
ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis gamifikasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas XI jurusan DKV di SMK Negeri 1 Lamongan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Gamifikasi, Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-06-02 (2)
- 2025-06-02 (1)
How to Cite
Issue
Section

