Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Dasar Desain Grafis Kelas XI DKV SMK Negeri 1 Lamongan

Authors

  • Durrotul Zahirah Hafshah Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Utari Dewi Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia
interaktif berbasis gamifikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DKV di SMK 1 Lamongan. Model
pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup wawancara, angket, dan tes. Uji kelayakan
menunjukkan hasil “layak” dari ahli materi dan “sangat layak” dari ahli media. Pengujian efektivitas menunjukkan
perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media gamifikasi pada kelas
eksperimen dengan kelas kontrol yang menggunakan media biasa. Pada uji t yang telah dilakukan,hasil untuk pretest
kelas eksperimen memperoleh 59,25 dan kelas kontrol 52,50. Sedangkan untuk hasil post-test kelas
eksperimen memperoleh 77,50 dan kelas kontrol 60,75. Hasil sig. 2-tailed untuk post-test diperoleh 0,000. Hasil
ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis gamifikasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas XI jurusan DKV di SMK Negeri 1 Lamongan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Gamifikasi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-02 — Updated on 2025-06-02

Versions

How to Cite

Zahirah Hafshah, D., & Dewi, U. (2025). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Dasar Desain Grafis Kelas XI DKV SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(9). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/68145
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 18