Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Desain Brief Kelas XI DKV Di SMKN 1 Lamongan
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik materi Desain Brief kelas XI DKV di SMK Negeri 1 Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan menggunakan model pre-test dan post-test nonequivalent control group design. Karena adanya kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan yang akan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, tes, dan observasi. Instrumen penelitian divalidasi untuk mengetahui kelayakan oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi, dan memastikan bahwa instrumen yang dibuat sudah layak digunakan untuk mengambil data pada objek penelitian. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa modul ajar memperoleh persentase kelayakan sebesar 92% dari ahli desain pembelajaran. Hasil dari proyek yang dikerjakan oleh peserta didik menunjukkan pencapaian yang sangat baik dengan rata-rata nilai mencapai 86%. Peserta didik menunjukkan antusiasme tinggi saat berdiskusi dalam kelompok, dan hasil diskusi tersebut akan dipresentasikan di hadapan kelas. Peserta didik sangat aktif dalam berkomunikasi dengan anggota kelompoknya dan berpartisipasi dalam tanya jawab saat presentasi dilakukan oleh kelompok lain.
Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

