Pengembangan Multimedia Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perangkat Keras Komputer (Hardware) Mata Pelajaran Informatika Siswa Kelas VII di SMPN 51 Surabaya

Authors

  • Muzdalifah Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Mustaji Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada materi perangkat keras komputer mata pelajaran Informatika kelas VII di SMP Negeri 51 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang layak dan efektif dalam menunjang proses belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadopsi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi validasi ahli (materi, media, dan desain), uji coba perorangan, kelompok kecil, dan besar, serta tes pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji independent sample t-test.
Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak, dengan skor validasi dari ahli materi sebesar 91%, ahli media 93%, dan ahli desain pembelajaran 90%. Hasil uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar masing-masing memperoleh persentase 98%, 91%, dan 95%. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol (signifikansi 0,000 < 0,05) dengan nilai rata-rata 91,75 pada kelas eksperimen dan 57,00 pada kelas kontrol.
Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dikembangkan terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penggunaan media ini diharapkan dapat diterapkan lebih luas pada materi lainnya untuk mendukung pembelajaran interaktif di era digital.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Augmented Reality (AR), Vlog, ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Muzdalifah, & Mustaji. (2025). Pengembangan Multimedia Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perangkat Keras Komputer (Hardware) Mata Pelajaran Informatika Siswa Kelas VII di SMPN 51 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(9). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/68198
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 25