Pengembangan Course E-Learning dalam Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Mahasiswa Prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa Course E-learning pada mata kuliah Pengembangan Multimedia Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan UNESA. Model pengembangan yang digunakan adalah Lee & Owens dengan lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Uji kelayakan melibatkan ahli materi (100%), ahli media (93%), uji coba perorangan (90,9%), kelompok kecil (87,25%), dan lapangan (84,5%), yang menunjukkan kategori “Baik Sekali”. Untuk menguji efektivitas dilakukan dengan desain quasi eksperiment menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Keefektifan Course E-learning dibuktikan melalui analisis statistik yang mencakup uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal (post-test kelas kontrol = 0,168 > 0,05; kelas eksperimen = 0,126 > 0,05). Uji homogenitas menunjukkan data homogen (0,103 > 0,05). Uji-t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,005), menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang menggunakan Course E-learning dan pembelajaran konvensional. Mahasiswa yang menggunakan Course E-learning memperoleh rata-rata hasil belajar lebih tinggi, sehingga Course E-learning terbukti efektif meningkatkan hasil belajar pada materi Jenis-Jenis Multimedia.
Kata kunci: Course E-learning, Moodle, Multimedia Interaktif, hasil belajar, lingkungan belajar, TIK
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 35
,
PDF Downloads: 51