PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI MODEL KONSEP KURIKULUM DENGAN PENDEKATAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA KULIAH KAJIAN KURIKULUM MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu video pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan video pembelajaran yang layak digunakan untuk materi Model Konsep Kurikulum program studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dan (2) menghasilkan video pembelajaran yang efektif meningkatkan pemecahan masalah menggunakan penerapan PBL untuk materi Model Konsep Kurikulum program studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Instrumen pengumpulan data terdiri atas skala Likert sebagai hasil validasi ahli dan respon mahasiswa, serta tes kinerja dengan bersasis studi kasus. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid dan layak digunakan. Sementara itu, hasil uji efektivitas melalui posttest menunjukkan bahwa mahasiswa pada kelas eksperimen memiliki keterampilan pemecahan masalah yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan hasil nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Kajian Kurikulum, khususnya pada materi Model Konsep Kurikulum di program studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Kata Kunci: Video Pembelajaran, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 23
,
PDF Downloads: 25