Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kehidupan Masa Praaksara Kelas VII SMPN 59 Surabaya
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi kehidupan manusia zaman praaksara. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B dan VII C di SMPN 59 Surabaya dengan jumlah 60 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 kali pertemuan untuk menguji kelas control daneksperimen. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata hasil belajar IPS dari 54,66 menjadi 7,5 setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% db = N – 1 = 60 – 1 = 59. Maka diperoleh ttabel = 1,671. Jadi diperoleh thitung lebih besar daripada t-tabel yaitu dengan hasil 4,77 > 1,671 sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang didasarkan pada perhitungan analisis data yang menunjukkan adanya perbedaan nilai antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen .
Kata Kunci: Model pembelajaran; kooperatif tipe Jigsaw; hasil belajar; IPS.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

