Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 46 Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam memahami dan mengidentifikasi permasalahan dalam teks naratif berdasarkan jenis, struktur, dan unsur kebahasaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN 46 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen (IX B) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol (IX A) yang tidak diberi perlakuan khusus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pre-test dan post-test, serta lembar observasi unjuk kerja. Analisis data dilakukan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa data pre-test bersifat homogen, sedangkan hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal. Hasil uji Independent Samples Test pada data pre-test menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol (Sig. = 0,077 > 0,05), sementara hasil post-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan (Sig. = 0,027 < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Nilai rata-rata post-test dan unjuk kerja siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulannya, model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada materi teks naratif.
Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, teks naratif, Bahasa Inggris, SMP.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 81
,
PDF Downloads: 60