PENGEMBANGAN LKPD BIOLOGI SEBAGAI DUKUNGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM

Authors

  • Satria Adi Putra Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Arqoma Nurveda Carrezab Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi serta mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD tersebut di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini difokuskan pada materi Keanekaragaman Hayati dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan belajar siswa yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media, baik dari segi isi, struktur, maupun tampilan. Selain itu, respon peserta didik terhadap LKPD menunjukkan ketertarikan yang tinggi, kemudahan dalam memahami isi, dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. LKPD ini juga terbukti mendukung pembelajaran yang lebih adaptif dan kontekstual sesuai dengan karakteristik peserta didik. Dengan demikian, pengembangan LKPD Biologi berbasis pembelajaran berdiferensiasi ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi keanekaragaman hayati.
Katakunci: Lembar Kerja Peserta Didik; Biologi; Pembelajaran Berdiferensiasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Adi Putra, S., & Nurveda Carrezab, A. (2025). PENGEMBANGAN LKPD BIOLOGI SEBAGAI DUKUNGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(10). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/68237
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 53