PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TILAWAH AL-QUR’AN PONDOK PESANTREN DARUL HIKAM JOMBANG

Authors

  • Muhammad Muzaiyin Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Husni Mubarok Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif dalam pembelajaran Tilawah Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Hikam Jombang. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan sangat layak digunakan, dengan presentase kelayakan mencapai 96,6%, sedangkan hasil validasi ahli media mencapai 88,8%. Uji coba terbatas menunjukkan peningkatan hasil belajar santri dari skor rata-rata pretest 56 menjadi rata-rata posttest 83, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini efektif meningkatkan kemampuan Tilawah Al-Qur’an santri. Dengan demikian, penggunaan multimedia interaktif sangat disarankan sebagai inovasi dalam pembelajaran Tilawah Al-Qur’an di pesantren.
Kata kunci: Multimedia interaktif, Tilawah Al-Qur’an, Pondok Pesantren, Pengembangan Media

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Muzaiyin, M., & Mubarok, H. (2025). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TILAWAH AL-QUR’AN PONDOK PESANTREN DARUL HIKAM JOMBANG. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(10). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/68238
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 26