Analisis Materi Dampak Sosial Informatika Terhadap Etika Digital Mata Pelajaran Informatika Pada Siswa Kelas X DKV di SMKN 1 Driyorejo Gresik

Authors

  • Hanindita Trisanda Adipradana Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Citra Fitri Kholidya Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Pendidikan membantu peserta didik mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk masa depan. Ini terkait dengan pembelajaran, yang merupakan interaksi antara individu dan lingkungan, yang bisa terjadi di mana saja. Kemajuan teknologi menerbitkan tantangan baru tentang etika digital, termasuk prinsip moral penggunaan teknologi. Ketidakpahaman tentang media sosial dapat berdampak negatif seperti informasi palsu dan cyberbullying. Pemahaman etika media sosial penting untuk mencegah efek buruk ini. Pendidikan etika digital diperlukan untuk menjaga moral. Peserta didik yang paham etika cenderung menggunakan media digital dengan bijak. Penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa sosial informatika berpengaruh pada etika digital, dengan dampak positif dan negatif. Kesadaran etika digital peserta didik dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, sekolah, pengalaman pribadi, dan akses informasi. Orang tua dan guru harus berperan dalam meningkatkan kesadaran etika digital.
Kata Kunci : Sosial Informatika, Etika Digital, Dampak Sosial Informatika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Trisanda Adipradana, H., & Fitri Kholidya, C. (2025). Analisis Materi Dampak Sosial Informatika Terhadap Etika Digital Mata Pelajaran Informatika Pada Siswa Kelas X DKV di SMKN 1 Driyorejo Gresik. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(10). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/68313
Abstract views: 698 , PDF Downloads: 192