PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X KEJAR PAKET C PKBM TUNAS HARAPAN
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-modul dengan pendekatan kontekstual materi rotasi dan revolusi bumi yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan jenis model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Maksud dan tujuan pengembangan ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kejar Paket C di PKBM Tunas Harapan Surabaya. E-modul dengan pendekatan kontekstual ini dirancang fleksibel dan mudah diakses menggunakan smartphone dan internet, dilengkapi gambar, video, dan menggunakan bahasa komunikatif. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest group control dengan metode quasi experiment. Menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket tertutup dari para ahli sebagai validator untuk menguji kelayakan media serta menggunakan tes pilihan ganda untuk menguji keefektifan E-modul. Hasil analisis data kelayakan E-modul didukung oleh data validasi ahli materi dengan presentasi 2,95% kategori “layak”. Uji kelayakan ahli media mendapat persentase 3,87% kategori “sangat layak”. Uji kelayakan desain pembelajaran mendapat nilai persentase 3,33% kategori “sangat layak”. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS menunjukan bahwa hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen berbeda signifikan atau <0,05 dengan nilai posttest kelas kontrol 0,005 dan kelas eksperimen 0,006. Maka dapat disimpulkan E-Modul Geografi dengan pendekatan kontekstual untuk kelas X Kejar Paket C efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : E-Modul, Pendekatan kontekstual, Model pengembangan ADDIE
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 58
,
PDF Downloads: 38