PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK KETENAGALISTRIKAN KELAS X TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK PUTRA HARAPAN PLEMAHAN

Authors

  • Ayuna Salsabilla Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Utari Dewi Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini mengembangkan sebuah produk multimedia interaktif yang dirancang untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan, bertujuan meningkatkan hasil belajar 25 siswa kelas X SMK Putra Harapan Plemahan. Riset ini mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate), menggunakan desain one group pre-test post-test untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan dengan uji Paired Sample t-test menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia ini sangat layak digunakan, dengan persentase penilaian kelayakan dari ahli desain pembelajaran, materi, dan media, serta uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar yang semuanya berada di atas 91%. Lebih lanjut, uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis Android ini. Hal ini menegaskan bahwa penggunaan multimedia interaktif yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Ketenagalistrikan di SMK Putra Harapan Plemahan, dengan besaran pengaruh yang tinggi sebesar 0,7678.
Kata Kunci: Pengembangan; Multimedia Interaktif; Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan; Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Salsabilla, A., & Dewi, U. (2025). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK KETENAGALISTRIKAN KELAS X TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK PUTRA HARAPAN PLEMAHAN. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(10). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/68652
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 33