Pengembangan Course E-Learning Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta keefektifan media e-learning pada mata kuliah Ilmu Pendidikan. Media ini dirancang untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran konvensional dan secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. E-learning dikembangkan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dan diimplementasikan melalui Learning Management System (LMS) Moodle. Instrumen penelitian meliputi wawancara, angket validasi, serta tes kinerja. Uji coba dilakukan secara perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar dengan subjek mahasiswa Teknologi Pendidikan UNESA angkatan 2024 sebanyak 72 orang. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media sangat layak dengan persentase 81,43%-97,65%. Uji efektivitas menunjukkan hasil yang signifikan (Sig. 2-tailed = 0,004 < 0,05) yang menandakan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media ini sangat layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Pendidikan, khususnya pada materi Permasalahan Pendidikan di Indonesia di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Kata Kunci: E-learning, Keterampilan Bepikir Kritis, ADDIE, Problem Based Learning, Learning Management System (LMS) Moodle.
A
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

