Pengembangan Media Game Konsep Sistem Komputer Berbasis Web pada Mata Pelajaran Informatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri Jogoroto

Authors

  • Abdul Majid Auliya Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Bachtiar Syaiful Bachri Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keefektifan dan kelayakan media game pembelajaran pada materi sistem komputer untuk siswa kelas X di SMA Negeri Jogoroto. Pemahaman materi sistem komputer yang bersifat teknis seringkali memerlukan media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model Lee dan Owens yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, angket validasi, dan tes hasil belajar. Kelayakan media dinilai oleh ahli materi dan ahli media, serta melalui uji coba perorangan dan kelompok kecil. Sementara itu, keefektifan media diuji menggunakan desain two group pre-test post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil validasi dari para ahli dan uji coba siswa menunjukkan bahwa media game pembelajaran yang dikembangkan terkategori sangat layak untuk digunakan. Selanjutnya, hasil analisis uji-t independen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media game dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media game pembelajaran ini tidak hanya layak, tetapi juga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem komputer dan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang interaktif dan relevan.
Kata kunci: Pengembangan Media, Game Pembelajaran, Sistem Komputer, Hasil Belajar, Lee dan Owens

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-08
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0