PENGEMBANGAN GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP MATERI PRINSIP DASAR VIDEOGRAFI DI KELAS XI DKV SMK NEGERI 1 DRIYOREJO
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengetahui : 1) Kelayakan media Game Based Learning yang digunakan dalam pembelajaran dengan materi Prinsip Dasar Videografi untuk kelas XI DKV di SMK Negeri 1 Driyorejo. 2) Keefektifan media Game Based Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Prinsip Dasar Videografi di kelas XI DKV SMK Negeri 1 Driyorejo. Model pengembangan penelitian ini menggunakan ADDIE.
Hasil penelitian dari validasi materi, Modul Ajar (RPP), dan Media termasuk dalam kategori Sangat Baik dengan presentase 90%, 95%, dan 97,5%. Selanjutnya hasil dari uji kelayakan mendapatkan hasil yang Sangat Baik yaitu, Uji Coba Perorangan 97,3%, Uji Kelompok Kecil 95,5%, dan Uji Kelompok Besar 92%. Dan dari Uji T post-test kelas kontrol dan eksperimen didapatkan Sig. 0,000 < 0,05 yang menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game based learning terhadap materi prinsip dasar videografi dinyatakan efektif dalam mendukung proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Game Based Learning, Prinsip Dasar Videografi
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

