Pengembangan Video Interaktif Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video/Televisi Materi Macam- Macam Tombol Pada Kamera Dan Fungsinya Pada Prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta keefektifan media video interaktif berbasis H5P pada materi “Macam-Macam Tombol pada Kamera Beserta Fungsinya” bagi mahasiswa semester 4 Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran, lembar observasi, angket respon mahasiswa, serta soal pre-test dan post-test yang digunakan untuk mengukur keefektifan media. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Teknologi Pendidikan UNESA yang mengikuti mata kuliah terkait penggunaan media pembelajaran. Hasil validasi oleh ketiga ahli menunjukkan bahwa media video interaktif dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran, baik dari aspek isi materi, tampilan visual, maupun pendekatan pembelajaran aktif yang digunakan. Uji keefektifan dengan menggunakan uji-t menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media tersebut, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Respon mahasiswa terhadap media juga sangat positif, ditandai dengan antusiasme belajar dan kemudahan memahami materi yang sebelumnya dianggap sulit. Dengan demikian, media video interaktif H5P yang dikembangkan melalui model ADDIE terbukti layak dan efektif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi tombol kamera dan fungsinya, serta mendukung fleksibilitas pembelajaran baik secara daring maupun luring..
Kata Kunci: video interaktif, H5P, ADDIE, tombol kamera, media pembelajaran, efektivitas, kelayakan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 13
,
PDF Downloads: 13