Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Lapisan Bumi Kelas VIII Di SMP Negeri 48 Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) pada perangkat Android untuk membantu siswa kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya dalam memahami materi struktur lapisan bumi. Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep abstrak akibat dominasi metode ceramah dan media dua dimensi yang kurang mendukung keterlibatan belajar. Penggunaan teknologi AR diharapkan mampu menyajikan materi secara lebih visual, interaktif, dan kontekstual. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media dikembangkan dengan Canva untuk desain antarmuka, Blender untuk pemodelan objek 3D, dan Unity untuk integrasi Augmented Reality berbasis marker. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan skor kelayakan 100%, yang tergolong dalam kategori “sangat layak”. Media diuji melalui tahap implementasi di kelas eksperimen dan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil posttest menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,33 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 77,76. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sekaligus meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, dan pemahaman konsep secara konkret. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis AR ini dapat menjadi alternatif inovatif dan relevan dalam pembelajaran IPA, khususnya untuk materi yang bersifat abstrak.
Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Android, Struktur Lapisan Bumi, Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 77
,
PDF Downloads: 63