PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI MENYUSUN STORYBOARD PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Firdha Inayah Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Hirnanda Dimas Pradana Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Hybrid (Live action & Motion Graphic) pada materi menyusun storyboard dalam mata kuliah Pengembangan Media Video/Televisi di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Combined Instructional Design and Development (CIDD) oleh Peter Fenrich. Proses pengembangan terdiri dari enam tahapan: analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi & revisi. Uji kelayakan media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran, serta uji keefektifan dengan desain eksperimen pretest-posttest dua kelompok. Hasil validasi menunjukkan bahwa media video pembelajaran layak digunakan. Selain itu, hasil uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan video pembelajaran yang dikembangkan. Dengan demikian, media video pembelajaran ini efektif dan layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran pada materi menyusun storyboard.
Kata Kunci: video pembelajaran, storyboard, CIDD, media video

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Inayah, F., & Pradana, H. D. (2025). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI MENYUSUN STORYBOARD PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(12). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/71319
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 44