PENGEMBANGAN COURSE E-LEARNING PADA MATA KULIAH MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI VIDEO INTERAKTIF PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Ahmad Fachruddin Hilmy Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Hirnanda Dimas Pradana Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media video tutorial berbasis e-learning dengan pendekatan Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat produk video interaktif pada mata kuliah Pengembangan Multimedia Interaktif. Model pengembangan yang digunakan adalah Lee and Owens, yang mencakup lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kelayakan media dinilai melalui validasi ahli dan uji coba kepada mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media layak digunakan berdasarkan aspek isi, tampilan visual, bahasa, dan interaktivitas. Efektivitas media dianalisis melalui uji statistik (uji normalitas, homogenitas, dan uji-t) terhadap hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,000, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hal ini membuktikan bahwa media video tutorial yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menciptakan video interaktif, serta mendukung keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dengan demikian, media ini layak dan efektif digunakan dalam konteks pembelajaran dan projek.
Kata Kunci: e-learning, video interaktif, Project Based Learning, multimedia interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Fachruddin Hilmy, A., & Dimas Pradana, H. (2025). PENGEMBANGAN COURSE E-LEARNING PADA MATA KULIAH MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI VIDEO INTERAKTIF PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(13). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/71512
Abstract views: 6 , PDF Downloads: 4