Pengembangan Media Video Model Case Based Learning Yang Di Integrasikan Pada Course ELearning Mata Kuliah Pengantar Kurikulum Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media video pembelajaran berbasis course e-learning
yang dikembangkan menggunakan pendekatan Case Based Learning (CBL) dalam meningkatkan keterampilan pemecahan
masalah mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Kurikulum, khususnya pada materi Model Evaluasi Kurikulum.
Pengembangan media dilakukan melalui lima tahapan sistematis model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa media video pembelajaran dinilai sangat
layak dari segi materi, media, desain pembelajaran, dan instrumen penilaian. Uji coba kepada mahasiswa Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya juga menunjukkan respons positif terhadap kualitas isi, tampilan visual, serta kemanfaatannya
dalam proses belajar. Keefektifan media diuji melalui uji-t terhadap hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan (Sig. 2-tailed < 0,001), yang menandakan bahwa penggunaan video
pembelajaran berbasis CBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Dengan demikian,
media video pembelajaran ini dinilai layak dan efektif digunakan dalam mendukung pembelajaran berbasis kasus serta
pengembangan keterampilan berpikir kritis mahasiswa di abad ke-21.
Kata Kunci: course e-learning, video pembelajaran, case based learning, pemecahan masalah, pengantar kurikulum
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 26
,
PDF Downloads: 23